• Call Center 102, Whatsapp Chat +62-811-1552-102
  • Pengadaan
  • Karir
    • Lowongan Kerja
    • Magang
  • Customer Portal
  • Hubungi Kami
Pelindo Jasa Maritim
  • PROFIL
    • Tentang Kami
    • Manajemen
      • Komisaris
      • Direksi
    • Entitas Bisnis
    • Struktur Organisasi
  • GCG
    • Manual GCG
    • Pemegang Saham
    • Perangkat GCG
    • Kebijakan Perusahaan
    • Sistem Manajemen
    • Pelaporan
  • LAYANAN
    • Marine
    • Equipment
    • Port Services
  • MEDIA & PUBLIKASI
    • Struktur GCG
    • Rilis Berita
    • Galeri
    • Artikel
    • Info Terbaru
    • Pengumuman
    • Laporan Tahunan
      • Annual Report
      • Sustainability Report
      • ESG Report
  • TJSL
    • Tata Cara Pengajuan Program TJSL
    • Galery TJSL
  • PPID
  • id Indonesian
    ar Arabiczh-CN Chinese (Simplified)nl Dutchen Englishfr Frenchde Germanid Indonesianit Italianpt Portugueseru Russianes Spanish
  • Search
  • Menu Menu

TRANSFORMASI BISNIS SEMAKIN MENGUAT, SPJM RAIH KINERJA POSITIF DI TAHUN 2024

January 31, 2025/in Berita terkini /by humas

PRESS RELEASE
NO: 08/SPJM/I/PELINDO-2025

PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) sebagai salah satu subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero), mengakhiri tahun 2024 dengan kinerja positif dan berhasil memperkuat eksistensi bisnis di seluruh stream bisnis utamanya. Hal ini tentu tidak lepas dari usaha SPJM yang tidak berhenti melalui program tranformasi berkelanjutan untuk selalu mengedepankan service excellence bagi para pengguna jasa.
“Beberapa dari segmen usaha SPJM Grup, terutama yang dikelola oleh anak perusahaan mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2023, seperti penundaan, docking, pengelolaan alur, distribusi BBM dan gas, serta penyediaan air bersih dan Listrik. Tentunya ini juga hasil dari upaya aksi korporasi pemurnian bisnis dimana dilakukan penataan tiap stream fokus bisnis untuk penyelarasan bisnis proses setiap entitas sehingga pelayanan bisa lebih efektif. Selain itu seiring dengan pertumbuhan operasional yang tentunya juga berdampak positif pada kinerja pendapatan serta dengan diimbangi optimalisasi biaya,” SVP Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick T.U.I menerangkan.
Dari laporan unaudited perusahaan, segmen usaha marine SPJM Grup yaitu realisasi pemanduan mencapai 642.821 Gerakan, dan penundaan mencapai 5,25 Miliar GT jam hal ini dikarenakan adanya kenaikan trafik dibeberapa lokasi pelayanan. Segmen layanan dredging atau pengerukan SPJM mencapai 663.121 M3. Layanan docking mencapai 49 unit, yang menunjukkan konsistensi SPJM grup dalam pelaksanaan pemeliharaan armada untuk menjamin kelancaran pelayanan. SPJM juga melayani pengelolaan alur, dimana pada tahun 2024 mencapai 27.302.975 Ton,.
Selain segmen usaha marine, dredging, dan docking, SPJM juga mencatat kinerja positif di segmen utilitas, yang terdiri dari Distribusi BBM dan gas, penyediaan air bersih dan listrik, pengelolaan limbah, dan oil spill response (OSR). Distribusi BBM SPJM mencapai 62.156 KL dengan adanya penambahan wilayah distribusi penjualan BBM. Distribusi Gas mencapai 13.972.152 MMBTU. Penyediaan air bersih mencapai 2.619.385 ton. Penyediaan Listrik mencapai 206.093.491 KwH, yang dikarenakan adanya peningkatan realisasi pemakaian Listrik di beerapa tenant operasional.
Di segmen equipment SPJM juga menunjukkan kinerja yang tidak kalah dari segmen lainnya. Availability (ketersediaan alat) mencapai 90,83%. Selain itu, SPJM berhasil memangkas Mean Time Repair (MTTR) mencapai 4 jam sehingga 1 jam lebih pendek dari sebelumnya yaitu 5 jam pada tahun 2023.

Transformasi berkelanjutan juga berhasil dilaksanakan sepanjang 2024 diantaranya melalui implementasi sistem pelayanan kapal terpadu (Phinnisi) di 31 lokasi kerja SPJM, penerapan pelayanan operasi kapal berbasis planning and control serta penerapan Hub and Site dimana perencanaan dan monitoring pelayanan kapal dilakukan pada pelabuhan Hub yang menghandle pelabuhan site dibawahnya. Salah satu contohnya Hub Benoa pada area Bali dan Nusa Tenggara (Balinusra) yang mengendalikan 11 pelabuhan site dibawahnya antara lain: Benoa, Celukan Bawang, Lembar, Bima, Badas, Waingapu, Kalabahi, Maumere, Ende, Labuan Bajo, Kupang, sehingga berdampak positif pada efisiensi biaya yang signifikan serta tercapainya pengendalian risiko operasi secara terpusat.
“SPJM senantiasa berupaya untuk mengelola sumber daya perusahaan secara efektif sejalan dengan pencapaian target strategis perusahaan, selain itu komitmen terhadap peningkatan kompetensi SDM dan juga awareness terhadap keselamatan dan kesehatan kerja yang terus diterapkan dalam pelayanan sehingga kecelakaan kerja dapat diminimalisir. Proses digitalisasi terintegrasi untuk memonitor kelancaran progres pelayanan serta memangkas birokrasi dan memberikan kemudahan pelayanan khususnya untuk alur administratif pelayananan bagi pengguna jasa juga terus kita lakukan melalui penyediaan IT sistem dan aplikasi pelayanan yang mumpuni” ujar Patrick.
Lebih lanjut Patrick menyampaikan, “target ke depan akan lebih besar dan SPJM akan berfokus pada penguatan bisnis dan service excellence untuk mendukung upaya ekspansi bisnis SPJM Grup. Adapun pencapaian sepanjang tahun 2024 tentunya tidak lepas dari peran para pengguna jasa yang telah memberikan kepercayaan kepada SPJM Grup untuk seluruh kegiatan bisnisnya dan untuk itu kami memberikan apresiasi yang paling tinggi. Kami akan terus berkomitmen untuk menjaga kepercayaan masyarakat melalui kontribusi nyata baik melalui peningkatan kinerja maupun kepedulian terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyararakat melalui program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, dimana sepanjang tahun 2024 telah terealisasi di berbagai bidang meliputi pilar sosial (Kesehatan, Pendidikan, kesejahteraan), ekonomi (energi bersih, kemitraan, penurunan kesenjangan), lingkungan (penanganan perubahan iklim, pemukiman berkelanjutan, ekosistem laut dan darat), dan hukum tata kelola (perdamaian keadilan dan kelembagaan yang tangguh). Sejalan dengan hal tersebut dan untuk perbaikan berkelanjutan, kami mengharapkan pengguna jasa yang senantiasa memberikan feedback dan saran untuk kami agar terus berkembang. Tidak lupa kami ingatkan, bahwa kami selalu siap dihubungi melalui call center kami,” ucap Patrick, menyampaikan kembali tentang Call Center SPJM yang bersiaga 24/7 yang dapat dihubungi melalui nomor
+62-8115-3507-878.
-SELESAI-

Tentang Pelindo Jasa Maritim
PT Pelindo Jasa Maritim atau yang disingkat dengan SPJM merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 pasca integrasi
PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PT Pelindo Jasa Maritim telah berpengalaman dengan mengelola lima klaster bisnis, yaitu jasa layanan marine, jasa peralatan pelabuhan (Equipments), jasa galangan, pengerukan (dredging solution), dan jasa utilitas kepelabuhanan (Port Services).
Wilayah operasional SPJM mencakup seluruh nusantara yang terbentang dari Malahayati hingga Merauke. SPJM juga terbuka untuk kerja sama dan bersinergi dalam dukungan layanan dengan mitra strategis baik untuk entitas domestik maupun luar negeri.
SPJM saat ini mengelola 7 (tujuh) anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk.,
PT Pelindo Marine Service, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan
PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), dan PT Lamong Energi Indonesia. SPJM juga memiliki 3 (tiga) cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik. Dengan keberagaman segmen bisnisnya, SPJM mampu menyediakan integrated one stop service bagi pengguna jasanya.
Narahubung:
Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar
Sekretaris Perusahaan
PT Pelindo Jasa Maritim
Jl. Soekarno No 1, Makassar
Email: corsec.jasamaritim@pelindo.co.id
Facebook: @pelindomaritim
Twitter: @pelindomaritim
Instagram: @pelindomaritim
Youtube: pelindomaritim
Website : www.jasamaritim.co.id

Share this entry
  • Share on Facebook
  • Share on Twitter
  • Share on WhatsApp
  • Share on Pinterest
  • Share on LinkedIn
  • Share on Tumblr
  • Share on Vk
  • Share on Reddit
  • Share by Mail
https://jasamaritim.co.id/wp-content/uploads/2025/01/WhatsApp-Image-2025-01-31-at-18.26.05_2a537d5b-scaled.jpg 1438 2560 humas https://jasamaritim.co.id/wp-content/uploads/2022/05/logo.png humas2025-01-31 18:31:512025-01-31 18:31:51TRANSFORMASI BISNIS SEMAKIN MENGUAT, SPJM RAIH KINERJA POSITIF DI TAHUN 2024

Categories

  • Berita terkini (174)
  • Images (1)
  • News (1)
  • Pengumuman Lelang (4)

Archives

  • June 2025 (6)
  • May 2025 (8)
  • April 2025 (7)
  • March 2025 (7)
  • February 2025 (8)
  • January 2025 (8)
  • December 2024 (7)
  • November 2024 (1)
  • October 2024 (6)
  • September 2024 (7)
  • August 2024 (4)
  • July 2024 (5)
  • June 2024 (4)
  • May 2024 (2)
  • April 2024 (5)
  • March 2024 (6)
  • February 2024 (3)
  • January 2024 (4)
  • December 2023 (5)
  • November 2023 (8)
  • October 2023 (5)
  • September 2023 (6)
  • August 2023 (11)
  • July 2023 (5)
  • June 2023 (7)
  • May 2023 (4)
  • April 2023 (4)
  • March 2023 (6)
  • January 2023 (4)
  • November 2022 (1)
  • October 2022 (3)
  • June 2022 (3)
  • May 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (4)
  • January 2022 (2)
TENTANG KAMI
  • Tentang Kami
  • Manajemen
  • Entitas Bisnis
  • Struktur Organisasi
  • Penghargaan
MEDIA & PUBLIKASI
  • Berita
  • Galeri
LAYANAN KAMI
  • Marine
  • Equipment
  • Port Services
KANTOR PUSAT

Jl Soekarno No. 1 Makassar – Sulawesi Selatan 90173 Indonesia

Email : jasamaritim@pelindo.co.id

Call Center : +62-8115-3507-878

KANTOR PERWAKILAN

Pelindo Tower, Lt. 24, Jl. Raya Yos Sudarso, No.9 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

SOSIAL MEDIA

PEDULI PERLINDUNGAN LINGKUNGAN HIDUP, SPJM BERKOLABORASI DENGAN KEMENTERIAN... PASTIKAN PELAYANAN MENGUTAMAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA, SPJM GELAR...
Scroll to top
id Indonesian
ar Arabiczh-CN Chinese (Simplified)nl Dutchen Englishfr Frenchde Germanid Indonesianit Italianpt Portugueseru Russianes Spanish