• Customer Care 102, Whatsapp Chat +62-811-1552-102
  • Pengadaan
  • Karir
    • Lowongan Kerja
    • Magang
  • Customer Portal
  • Hubungi Kami
Pelindo Jasa Maritim
  • PROFIL
    • Tentang Kami
    • Manajemen
      • Komisaris
      • Direksi
    • Entitas Bisnis
    • Struktur Organisasi
  • GCG
    • Manual GCG
    • Pemegang Saham
    • Perangkat GCG
    • Kebijakan Perusahaan
    • Sistem Manajemen
    • Pelaporan
  • LAYANAN
    • Marine
    • Equipment
    • Port Services
  • MEDIA & PUBLIKASI
    • Struktur GCG
    • Rilis Berita
    • Galeri
    • Artikel
    • Info Terbaru
    • Pengumuman
    • Laporan Tahunan
      • Annual Report
      • Sustainability Report
      • ESG Report
  • TJSL
    • Tata Cara Pengajuan Program TJSL
    • Galery TJSL
  • PPID
  • id Indonesian
    ar Arabiczh-CN Chinese (Simplified)nl Dutchen Englishfr Frenchde Germanid Indonesianit Italianpt Portugueseru Russianes Spanish
  • Search
  • Menu Menu

OPTIMALKAN INTEGRASI LAYANAN DAN SERVICE EXCELLENCE, SPJM CATATKAN KINERJA POSITIF DI TRIWULAN III 2025

October 21, 2025/in Berita terkini /by humas

PRESS RELEASE
NO: 02/SPJM/X/PELINDO-2025

 

 

OPTIMALKAN INTEGRASI LAYANAN DAN SERVICE EXCELLENCE,

SPJM CATATKAN KINERJA POSITIF DI TRIWULAN III 2025

 

Makassar, 20 Oktober 2025 – PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) Grup sebagai salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang Marine, Equipment (peralatan), Port Services (Layanan Pelabuhan), Docking dan Shipyard mencatatkan peningkatan laba bersih 8,91% secara Year on Year (YoY) pada Triwulan III 2025.

 

Peningkatan kinerja diseluruh stream bisnis mengantar SPJM mencatatkan laba usaha melebihi RKAP perusahaan hingga triwulan III 2025, yaitu 149,19% terhadap RKAP triwulan III 2025. Laba usaha SPJM secara grup juga mengalami kenaikan sebesar 7,27% YoY.

 

Kenaikan ini sejalan dengan realisasi trafik kapal triwulan III 2025, dimana trafik kapal mencapai 267.817 Call. Jumlah ini merupakan capaian 108,96% dari target RKAP SPJM pada triwulan III 2025.

 

Pada stream marine, pelayanan pemanduan, SPJM Grup mencapai 125,45% terhadap RKAP triwulan III perusahaan, yaitu sebanyak 567.871 Gerakan dan meningkat sebesar 116,75% YoY. Untuk pelayanan penundaan terdapat kenaikan 12,53% secara YoY dan melebihi RKAP triwulan III dengan pencapaian sebesar 117,62% dengan pelayanan sebesar 4,09 Miliar
GT-Jam. Pencapaian ini sejalan dengan peningkatan dan pencapaian target trafik kapal di seluruh wilayah kerja SPJM Grup. Selanjutnya juga terdapat kenaikan kegiatan Docking dengan total sebanyak 30 Unit, jumlah ini melebihi target RKAP triwulan III dengan pencapaian sebesar 111,11% dimana terdapat penambahan realisasi target penyelesaian docking pada bulan 30 September 2025 sebanyak 2 (dua) unit.

 

Pelayanan pengerukan dan pengelolaan alur juga mencatatkan trend kinerja yang positif. Untuk layanan pengerukan berhasil mencapai volume keruk sebesar 1.204.138 M3, naik 131,60% YoY, sedangkan pengelolaan alur mencapai 112,23% dari RKAP triwulan III, yaitu 20.785.005 ton, dengan kenaikan YoY sebesar 5,30%.

 

Kinerja Stream Equipment atau peralatan juga menunjukkan kinerja positif. Tercatat availability alat mencapai 90,60% atau melampaui target RKAP 106,58%, dengan Mean Time To Repair (MTTR) hanya 3,43 jam atau naik 22,08% secara YoY yang berarti waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk memperbaiki peralatan menjadi lebih cepat. Sedangkan Mean Time Between Failures (MTBF) mencapai 125,06 jam, mencapai 416,87% dari target RKAP triwulan III dan naik 11,57% YoY.

 

Stream pelayanan port utility atau utilitas pelabuhan pun tentunya mengalami peningkatan. Distribusi BBM pada triwulan III 2025 adalah sebesar 50.238 KL, naik 15,80% secara YoY, Penyediaan Air Bersih sebesar 2.032.496 Ton, naik 7,75% secara YoY. Waste management atau pengelolaan limbah mencapai 145.283 kg. Penyediaan listrik naik 1,06% secara YoY dengan capaian 108,61% dari RKAP Perusahaan, yaitu 143.038.642 KwH sejalan dengan peningkatan konsumsi Listrik di beberapa lokasi layanan. Dan secara signifikan distribusi gas naik 18,48% secara YoY dengan distribusi sebesar 11.818.525 MMBTU, dan mencapai 191,88% dari RKAP triwulan III Perusahaan dikarenakan peningkatan kebutuhan gas di lokasi pelayanan.

 

“Hingga triwulan III ini alhamdulillah kinerja SPJM terus menunjukkan trend positif dan berhasil melampaui target perusahaan yang ditetapkan dalam RKAP  triwulan III Tahun 2025. Integrasi layanan melalui kehandalan digitalisasi penerapan aplikasi pelayanan terus kami lakukan untuk memberikan kemudahan, ketepatan, dan kecepatan layanan di seluruh lini bisnis Perusahaan. Upaya ini tentunya bermuara pada tujuan kita untuk memberikan excellent service pada seluruh pengguna jasa SPJM Grup. Selain itu kami juga terus menjalin kerjasama dan sinergi dengan mitra strategis untuk meningkatkan daya saing, memperluas pangsa pasar, meningkatkan efisiensi dan produktivitas SPJM Grup,” ucap SVP Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick.

 

-SELESAI-

Tentang Pelindo Jasa Maritim

PT Pelindo Jasa Maritim atau yang disingkat dengan SPJM merupakan subholding
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 pasca integrasi
PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PT Pelindo Jasa Maritim telah berpengalaman dengan mengelola lima klaster bisnis, yaitu jasa layanan marine, jasa peralatan pelabuhan (Equipments), jasa galangan, pengerukan (dredging solution), dan jasa utilitas kepelabuhanan (Port Services).

Wilayah operasional SPJM mencakup seluruh Nusantara yang terbentang dari Malahayati hingga Merauke. SPJM juga terbuka untuk kerja sama dan bersinergi dalam dukungan layanan dengan mitra strategis baik untuk entitas domestik maupun luar negeri.

SPJM saat ini mengelola 8 (delapan) anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (JAI), PT Pelindo Marine Service (PMS), PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI), PT Pengerukan Indonesia (Rukindo), PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), PT Pelindo Solusi Maritim (PSM), PT Intan Sejahtera Utama (ISMA) dan PT Lamong Energi Indonesia (LEGI). SPJM juga memiliki 2 cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), dan PT Pelindo Energi Logistik (PEL). Dengan keberagaman segmen bisnisnya, SPJM mampu menyediakan integrated one stop service bagi pengguna jasanya.

 

 

Narahubung:
Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar
Sekretaris Perusahaan
PT Pelindo Jasa Maritim
Jl. Soekarno No 1, Makassar
Email: corsec.jasamaritim@pelindo.co.id
Facebook: @pelindomaritim
X : @pelindomaritim

LinkedIn: Pelindo Jasa Maritim
Instagram: @pelindomaritim
Youtube: Pelindo Jasa Maritim
Website : www.jasamaritim.co.id

 

Share this entry
  • Share on Facebook
  • Share on Twitter
  • Share on WhatsApp
  • Share on Pinterest
  • Share on LinkedIn
  • Share on Tumblr
  • Share on Vk
  • Share on Reddit
  • Share by Mail
https://jasamaritim.co.id/wp-content/uploads/2025/10/IMG_7178.jpeg 720 1280 humas https://jasamaritim.co.id/wp-content/uploads/2022/05/logo.png humas2025-10-21 17:42:522025-10-21 17:42:52OPTIMALKAN INTEGRASI LAYANAN DAN SERVICE EXCELLENCE, SPJM CATATKAN KINERJA POSITIF DI TRIWULAN III 2025

Categories

  • Berita terkini (190)
  • Images (1)
  • News (1)
  • Pengumuman Lelang (4)

Archives

  • October 2025 (5)
  • August 2025 (4)
  • July 2025 (4)
  • June 2025 (9)
  • May 2025 (8)
  • April 2025 (7)
  • March 2025 (7)
  • February 2025 (8)
  • January 2025 (8)
  • December 2024 (7)
  • November 2024 (1)
  • October 2024 (6)
  • September 2024 (7)
  • August 2024 (4)
  • July 2024 (5)
  • June 2024 (4)
  • May 2024 (2)
  • April 2024 (5)
  • March 2024 (6)
  • February 2024 (3)
  • January 2024 (4)
  • December 2023 (5)
  • November 2023 (8)
  • October 2023 (5)
  • September 2023 (6)
  • August 2023 (11)
  • July 2023 (5)
  • June 2023 (7)
  • May 2023 (4)
  • April 2023 (4)
  • March 2023 (6)
  • January 2023 (4)
  • November 2022 (1)
  • October 2022 (3)
  • June 2022 (3)
  • May 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (4)
  • January 2022 (2)
TENTANG KAMI
  • Tentang Kami
  • Manajemen
  • Entitas Bisnis
  • Struktur Organisasi
  • Penghargaan
MEDIA & PUBLIKASI
  • Berita
  • Galeri
LAYANAN KAMI
  • Marine
  • Equipment
  • Port Services
KANTOR PUSAT

Jl Soekarno No. 1 Makassar – Sulawesi Selatan 90173 Indonesia

Email : jasamaritim@pelindo.co.id

Call Center : +62-811-1552-102

KANTOR PERWAKILAN

Pelindo Tower, Lt. 24, Jl. Raya Yos Sudarso, No.9 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

SOSIAL MEDIA

PERKUAT PENERAPAN ISO 37001 ANTI PENYUAPAN, SPJM AJAK STAKEHOLDER UNTUK WUJUDKAN...
Scroll to top
id Indonesian
ar Arabiczh-CN Chinese (Simplified)nl Dutchen Englishfr Frenchde Germanid Indonesianit Italianpt Portugueseru Russianes Spanish