Tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) sangat penting dalam membangun bisnis yang besar dan sehat. Karenanya, PT Pelindo Jasa Maritim berkomitmen menerapkan GCG pada seluruh aktivitas perusahaan. Penguatan GCG bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan perseroan secara efektif, akuntabel, bersih dan bebas dari praktik-praktik yang bisa merugikan Perusahaan seperti penyimpangan dan kecurangan. Penerapan prinsip-prinsip GCG di lingkungan Pelindo Jasa Maritim mengacu pada sejumlah aturan yuridis di antaranya mengacu pada Undang-Undang No. 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara dan Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Selain itu, berlandaskan juga pada Peraturan Menteri BUMN Nomor PER- 09 /MBU/2012 tentang Perubahan Peraturan Menteri BUMN No. PER-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara, yang merupakan penyesuaian dari Surat Keputusan Menteri Negara BUMN No. KEP-117/MBU/2002 tanggal 31 Juli 2002 tentang Penerapan Praktik Good Corporate Governance pada Badan Usaha Milik Negara.

Prinsip – prinsip GCG

Keterbukaan

Transparansi


Perusahaan menjamin adanya keterbukaan dan objektivitas dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kegiatan usahanya. Perusahaan harus menyediakan informasi yang bersifat materil dan relevan mengenai perusahaan dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh para Stakeholders. Perusahaan harus mengambil inisiatif untuk mengungkapkan tidak hanya informasi yang dipersyaratkan oleh Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi juga hal-hal yang penting dan mempengaruhi pengambilan keputusan para Stakeholders sesuai dengan klasifikasi Informasi Perusahaan;

Akuntabilitas

Accountability


Perusahaan bekerja dengan akuntabilitas tinggi serta mempertanggungjawabkan segala tindakan dan secara wajar untuk kepentingan Perusahaan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar, peraturan perundang-undangan dengan tetap memperhatikan kepentingan Stakeholders guna mencapai kinerja Perusahaan secara berkesinambungan;

Tanggung Jawab

Responsibility


Perusahaan berpegang teguh pada prinsip-prinsip kehati-hatian dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan Perusahaan, Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta melaksanakan tanggung jawab sosial antara lain kepedulian terhadap Masyarakat dan kelestarian lingkungan terutama di sekitar Perusahaan dengan membuat perencanaan dan pelaksanaan yang memadai sehingga terpelihara kesinambungan usaha Perusahaan;

Kemandirian

Independency


Perusahaan dikelola secara professional dengan menghindari benturan kepentingan serta pengaruh/tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dari prinsip-prinsip korporasi yang sehat

Kewajaran dan Kesetaraan

Fairness


Dalam melaksanakan kegiatannya Perusahaan senantiasa memperhatikan kepentingan berdasarkan asas kewajaran dan kesetaraan;

Terpercaya

Trusted


Perusahaan mendapatkan kepercayaan dan dukungan penuh dari seluruh Stakeholders.

Tujuan

  • Memaksimalkan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik, kinerja dan nilai-nilai Perusahaan bagi Pemegang Saham melalui pelaksanaan prinsip transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran agar perusahaan memiliki daya saing yang tinggi;
  • Meningkatkan pengelolaan Perusahaan secara professional, tansparan, efisien, serta mendorong pemberdayaan fungsi dan kemandirian Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris dan Direksi;
  • Menjadi acuan penglolaan Perusahaan dalam membuat keputusan dan menjalankan Tindakan dan dilandasi moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta kesadaran akan tanggung jawab social Perusahaan Stakeholder dan kelestarian lingkungan di sekitar Perusahaan;
  • Meninggkatkan Stakeholder value dengan memperhatikan kepentingan seluruh Pemenuhan nilai/kepentingan seluruh stakeholders (Pelanggan, Pekerja, Pemegang Saham dan Masyarakat) dilakukan dengan membuat kebijakan yang meminimal biaya dan limbah sambal meningkatkan kualitas jasa, meningkatkan keterampilan dan kepuasan Pekerjanya dan berkontribusi terhadap pengembangan dan kesejahteraan Masyarakat;
  • Meningkatkan daya saing Perusahaan secara nasional maupun internasional, sehingga meningkatkan kepercayaan pasar yang dapat mendorong arus investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkesinambungan

Sosialisasi

Dalam rangka membangun kultur perusahaan berbasis nilai-nilai Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan Corporate Culture, maka PT Pelindo Jasa Maritim melakukan sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pedoman perangkat Tata Kelola kepada seluruh Insan Pelindo secara berkala melalui sosialisasi kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, melalui berbagai saluran komunikasi antara lain media sosial, media cetak, website, kunjungan ke stakeholder, serta materi-materi perusahaan lainnya.

Ayahqq slot4d toto slot BANDARQQ SLOT4D SLOT4D SLOT4D PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ QIU QIU PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ https://dutapendidikan.id/.private/pkv/ https://dutapendidikan.id/.private/bandarqq/ https://dutapendidikan.id/.private/dominoqq/ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ https://inl.co.id/themes/pkv/ https://inl.co.id/themes/bqq/ https://inl.co.id/themes/doqq/ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ PKV GAMES BANDARQQ DOMINOQQ https://alkamil.or.id/pkv-games/ https://alkamil.or.id/bandarqq/ https://alkamil.or.id/dominoqq/ https://rsiaadina.com/rs/pkv-games/ https://rsiaadina.com/rs/bandarqq/ https://rsiaadina.com/rs/dominoqq/