• Call Center 102, Whatsapp Chat +62-811-1552-102
  • Pengadaan
  • Karir
    • Lowongan Kerja
    • Magang
  • Customer Portal
  • Hubungi Kami
Pelindo Jasa Maritim
  • PROFIL
    • Tentang Kami
    • Manajemen
      • Komisaris
      • Direksi
    • Entitas Bisnis
    • Struktur Organisasi
  • GCG
    • Manual GCG
    • Pemegang Saham
    • Perangkat GCG
    • Kebijakan Perusahaan
    • Sistem Manajemen
    • Pelaporan
  • LAYANAN
    • Marine
    • Equipment
    • Port Services
  • MEDIA & PUBLIKASI
    • Struktur GCG
    • Rilis Berita
    • Galeri
    • Artikel
    • Info Terbaru
    • Pengumuman
    • Laporan Tahunan
      • Annual Report
      • Sustainability Report
      • ESG Report
  • TJSL
    • Tata Cara Pengajuan Program TJSL
    • Galery TJSL
  • PPID
  • id Indonesian
    ar Arabiczh-CN Chinese (Simplified)nl Dutchen Englishfr Frenchde Germanid Indonesianit Italianpt Portugueseru Russianes Spanish
  • Search
  • Menu Menu

Pelindo Jasa Maritim Sediakan Layanan Marine, Peralatan, dan Utilitas di Pelabuhan

April 29, 2024/in Berita terkini /by humas

NO: 05/SPJM/IV/PELINDO-2024

PRESS RELEASE

 

Pelindo Jasa Maritim Sediakan Layanan Marine, Peralatan, dan Utilitas di Pelabuhan

 

 

Medan, 27 April 2024. PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) adalah satu dari empat subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero). SPJM adalah perusahaan penyedia jasa di bidang marine, peralatan dan port utilitas.

 

Visi SPJM sebagai pemimpin jasa kemaritiman yang terintegrasi dan berkelas dunia dengan menjadi Service and Operational Provider, terus diwujudkan dalam layanan ke seluruh stakeholder. Sebagai Perusahaan subholding dari Pelindo, SPJM yang bergerak memberikan layanan marine, peralatan (equipments) dan jasa utilitas (port services atau port utilities), sering disingkat dengan MEPS.

“Layanan-layanan ini disediakan SPJM melalui anak-anak usaha dan wilayah di kelolaannya, “Ujar Sekretaris Perusahaan Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar.

Layanan marine berupa jasa pemanduan, jasa penundaan, transportasi crew kapal, agensi kapal, dan ke depannya akan dikembangkan layanan untuk memenuhi kebutuhan bbm untuk kapal.

Layanan peralatan (equipments) berupa penyediaan peralatan pendukung, pemeliharaan peralatan dan fasilitas, penjualan spare parts, konstruksi fasilitas pelabuhan, elektrifikasi peralatan, dan perbaikan kapal.

Layanan utilitas (port services atau port utilities) berupa pengerukan (dredging) yang terbagi dalam pemeliharaan dan pengembangan alur. Juga ada ulititas dan energi dengan penyediaan air bersih untuk kapal. Pasokan listrik untuk kapal (shore connection atau onshore power supply), penyediaan listrik pelabuhan, serta pasokan perbekalan kapal.

SPJM memiliki 8 anak usaha, yaitu yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), dan PT Lamong Energi Indonesia. SPJM juga memiliki 3 cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik. Dengan keberagaman segmen bisnisnya, SPJM mampu menyediakan integrated one stop service bagi pengguna jasanya.

“Manajemen SPJM berharap bisa memperoleh lebih banyak kepercayaan lagi dari berbagai pihak yang membutuhkan layanan untuk marine seperti pemanduan dan penundaan di berbagai tempat. Demikian juga dengan layanan utilitas seperti air dan listrik ramah lingkungan dengan menggunakan Onshore Power Supply (OPS), serta mendapatkan layanan pengerukan, “ papar Patrick.

KINERJA OPERASIONAL

Realisasi kinerja pemanduan s.d Desember 2023 mencapai 433,901 Gerakan atau naik 966,80% terhadap realisasi s.d Desember 2022.

Realisasi kinerja penundaan s.d Desember 2023 mencapai 4977,525,703 GT-Jam atau naik 130,58% terhadap realisasi s.d Desember 2022.

Realisasi kinerja Pengelolaan alur (Ton) s.d Desember 2023 mencapai 24,445,274 Ton atau naik 100,09% terhadap realisasi s.d Desember 2022.

Realisasi kinerja pengelolaan alur (Box) s.d Desember 2023 mencapai 24,268,981 Ton atau naik 101,61% terhadap realisasi s.d Desember 2022.

Realisasi Kinerja Air Bersih s.d Desember 2023 mencapai 893.883 Ton atau naik 115,98% terhadap pencapaian s.d Desember 2022.

Realisasi Kinerja Listrik s.d Desember 2023 mencapai 89,628,447 Juta KWH atau naik 112,88% terhadap pencapaian s.d Desember 2022.

Kinerja Availability s.d Desember 2023 mencapai 91,96% atau naik 100,20% terhadap pencapaian s.d Desember 2022.

Kinerja Mean Time To Repair (MTTR) atau waktu untuk perbaikan peralatan s.d Desember 2023 mencapai 3,09 Jam atau turun 34,05% terhadap pencapaian s.d Desember 2022.

 

TRANSFORMASI LAYANAN

Pelindo Jasa Maritim berharap dapat meraih pasar yang lebih luas. Untuk itu peningkatan standar dan kualitas layanan telah diupayakan melalui upaya transformasi di bidang marine. Dua hal utama yang dilakukan adalah dengan standarisasi operasional di pelabuhan melalui implementasi pola operasi berbasis planning dan control serta peningkatan mutu layanan kapal.

Selain itu, telah dikembangkan pula digitalisasi dan sistemisasi operasi dengan menyediakan aplikasi Phinnisi. Ini merupakan single platform untuk layanan kapal yang terintegrasi dengan inaportnet.

Phinnisi merupakan platform sistem operasi layanan kapal yang dikembangkan secara internal grup Pelindo, bersifat End-to-End, menyediakan fitur terpadu sepenuhnya sebagai Order Management, Front-End dan Back-End dalam proses Layanan Kapal, serta mendukung pemenuhan siklus Order-To-Cash dan Record-To-Report dalam satu platform.

Seluruh sumber daya pelayanan akan terhubung secara langsung dan real time dengan pusat pengendalian operasi, sehingga data layanan valid dan langsung memproduksi nota untuk pengguna jasa.

Pengembangan ini sejalan dengan upaya untuk mendukung program Pemerintah dalam upaya percepatan arus logistic nasional serta penerapan National Logistic Ecosystem (NLE).

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN

SPJM bukan hanya perhatikan bisnis tapi memberikan perhatian ke Lingkungan. Beberapa program yang telah dilakukan antara lain service gratis untuk ojol, pengembangan usaha kecil dan menengah, Pelindo Mengajar, Mudik Gratis Idul Fitri dan Mudik gratis Natal, penataan Lorong dan kampung, dan beberapa program lainnya.

“Kami berharap dapat terus memberikan yang terbaik untuk para pemakai jasa, dan juga kepada bangsa Indonesia yang kita cintai, “kata Patrick.

 

Tentang Pelindo Jasa Maritim

PT Pelindo Jasa Maritim atau yang disingkat dengan SPJM merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 pasca integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PT Pelindo Jasa Maritim telah berpengalaman dengan mengelola lima klaster bisnis, yaitu jasa layanan marine, jasa peralatan pelabuhan (Equipments), jasa galangan, pengerukan (dredging solution), dan jasa utilitas kepelabuhanan (Port Services).

Wilayah operasional SPJM mencakup seluruh Nusantara yang terbentang dari Malahayati hingga Merauke. SPJM juga terbuka untuk kerja sama dan bersinergi dalam dukungan layanan dengan mitra strategis baik untuk entitas domestik maupun luar negeri.

SPJM saat ini mengelola 8 (delapan) anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), dan PT Lamong Energi Indonesia. SPJM juga memiliki 3 cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik. Dengan keberagaman segmen bisnisnya, SPJM mampu menyediakan integrated one stop service bagi pengguna jasanya.

 

 

 

Narahubung:

Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar

Sekretaris Perusahaan

PT Pelindo Jasa Maritim

Jl. Soekarno No 1, Makassar

Email: sekper.jasamaritim@pelindo.co.id

Share this entry
  • Share on Facebook
  • Share on Twitter
  • Share on WhatsApp
  • Share on Pinterest
  • Share on LinkedIn
  • Share on Tumblr
  • Share on Vk
  • Share on Reddit
  • Share by Mail
https://jasamaritim.co.id/wp-content/uploads/2024/04/WhatsApp-Image-2024-04-28-at-07.37.22_b8212ced.jpg 900 1600 humas https://jasamaritim.co.id/wp-content/uploads/2022/05/logo.png humas2024-04-29 12:04:222024-04-29 12:04:22Pelindo Jasa Maritim Sediakan Layanan Marine, Peralatan, dan Utilitas di Pelabuhan

Categories

  • Berita terkini (174)
  • Images (1)
  • News (1)
  • Pengumuman Lelang (4)

Archives

  • June 2025 (6)
  • May 2025 (8)
  • April 2025 (7)
  • March 2025 (7)
  • February 2025 (8)
  • January 2025 (8)
  • December 2024 (7)
  • November 2024 (1)
  • October 2024 (6)
  • September 2024 (7)
  • August 2024 (4)
  • July 2024 (5)
  • June 2024 (4)
  • May 2024 (2)
  • April 2024 (5)
  • March 2024 (6)
  • February 2024 (3)
  • January 2024 (4)
  • December 2023 (5)
  • November 2023 (8)
  • October 2023 (5)
  • September 2023 (6)
  • August 2023 (11)
  • July 2023 (5)
  • June 2023 (7)
  • May 2023 (4)
  • April 2023 (4)
  • March 2023 (6)
  • January 2023 (4)
  • November 2022 (1)
  • October 2022 (3)
  • June 2022 (3)
  • May 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (4)
  • January 2022 (2)
TENTANG KAMI
  • Tentang Kami
  • Manajemen
  • Entitas Bisnis
  • Struktur Organisasi
  • Penghargaan
MEDIA & PUBLIKASI
  • Berita
  • Galeri
LAYANAN KAMI
  • Marine
  • Equipment
  • Port Services
KANTOR PUSAT

Jl Soekarno No. 1 Makassar – Sulawesi Selatan 90173 Indonesia

Email : jasamaritim@pelindo.co.id

Call Center : +62-8115-3507-878

KANTOR PERWAKILAN

Pelindo Tower, Lt. 24, Jl. Raya Yos Sudarso, No.9 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

SOSIAL MEDIA

Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus untuk Angkut Pemudik yang Balik Ke Makass... Sinergi Pelindo Jasa Maritim dan Pengguna Jasa Wujudkan K3 di Pelabuhan
Scroll to top
id Indonesian
ar Arabiczh-CN Chinese (Simplified)nl Dutchen Englishfr Frenchde Germanid Indonesianit Italianpt Portugueseru Russianes Spanish